Laman

Flickr Feed

mohon maaf kepada rekan yang telah sudi mengunjungi blog ini, karena tidak semua pertanyaan bisa dijawab, blog ini hanya sedikit berbagi dari pengalaman-pengalaman pribadi

Sabtu, 23 April 2011

CARA UPDATE BIOS MOTHERBOARD ASUS P5GC-MX/1333 MENGGUNAKAN FLASHDISK


Ceritanya nee lagi ada sedikit duit lebihan dari sisa gaji bulan kemaren. Rencana punya rencana seeh bwt upgrade komputer aja, maklum dah tua, perlu disegarin dikit. Tapi sasaran utama gw adalah:
1. Hardisk
2. Processor
3. VGA
Pertama dah dapet Hardisk, tapi kalo dipikir-pikir HD eksternal boleh juga. dapet deh tuuh merk Adata 500gb, lumayan rada gedean dikit dibandingin HD yang ada di kompi qw cuman 320gb. berlanjut Processor sama VGA, daripada ribet jaoh-jaoh nyarinya mending toko yang deket rumah. nego-nego-nego,, jadi tuh kesepakatan harga. sempet dibandingin juga ama toko laen, tapi yang ini agak lebih murah dikit (dikit banget). Gw bawa deh kompi kesayangan gw ke toko (bukannya manja, tapi kalo ada apa2 sama tuh processor..?? dikira gw lagi yang ga becus) jebrat-jebret, jebrat jebret, dipasang VGA, sukses... trus Processor... weissss..??? toeng,,toeng.... MUNCULAH..
" UNKNOWN CPU DETECTED. BIOS UPDATE IS REQUIRED TO UNLEASH IT'S FULL POWER "
F1 TO RESUME
Jangan-jangan Mobo-nya ngga support sama Processornya ms (kata mas mas yang punya toko):: Ga mungkin mas, wong dah tak baca manual usernya, lagian tulisannya juga suruh update BIOS tuh..?? (gw bela diri donk... >.<), trus gw bilang lagi. Mas'e bisa update bios ngga..?? belum pernah saya mas (jawab mas yang punya toko), waduh.. ya udah deh tak bayar aja trus gw bawa pulang tuh kompi. nanya-nanya sama mbah gugel, banyak cara tapi ga ada 1 pun yang bisa ngasih jawaban lengkap. akhirnya dengan resiko Mobo bakalan mati. gw kombinasi aja tuh langkah-langkah yang berserakan di mbah gugel. Tapi tenang Punyaku sukses koq.
1. Baca Basmallah
2. UPS mesti dah full, jangan sampe ntar ditengah jalan mati lampu. bisa bisa mati juga tuh mobo.
3. Flashdisk, jangan kegedean ntar pas diformat bakalan makan waktu buanyak banget.
4. Flashernya jangan lupa, namanya AFUDOS (di CD Driver Mobo ada koq) Kalo ngga ada nanya aja sama mbah gugel.
5. File BIOS-nya jangan lupa dunlut di ASUS.COM (pastiin juga sobat ga salah waktu milih jenis motherboardnya)
6. HP USB TOOL (nanya mbah gugel lagi nee)
7. MSDOSSYSTEM (yang ini juga nanya sama mbah gugle, biasanya di.zip jangan lupa di extract)
8. Setelah dapet semua, intall dulu tuh HP USB TOOL
9. Jalankan Program HP USB TOOL, centang pada kotak: Create a DOS startup disk
10. Centang juga : using DOS system files located at, kemudian browse ke folder dimana msdossystem tadi di extract.
11. Kalo langkah diatas dah dipastiin bener langsung klik tombol START, tunggu sampai selesai (nah itu tadi kesalahan gw make flashdisk 4gb, jadi lama deh formatnya)
12. Setelah proses format selesai (masih inget kan dimana tadi naroh file AFUDOS sama file bios-nya..??)
13. Copykan aja ke flashdisk yang dah terformat menggunakan HP USB TOOL tadi.
14. file AFUDOS.exe jangan diubah-ubah namanya ya.!!!
15. Kalo file biosnya namanya panjang banget P5GC-MX-ASUS-1333-0413.ROM ( ubah aja jadi P5GCMX.ROM kalo ga dirubah ga bakalan jadi sob, dah gw coba berkali-kali, selalu muncul pesan error pas lagi update biosnya )
16. Kalo dah siap semua, restart deh tuh kompi, jangan lupa bootingnya di pindah dulu ke Flashdisk ya...)
17. Naaah pas udah masuk ke DOS ketik aja AFUDOS /iP5GCMX.ROM
(perhatikan spasi dan /i jangan sampai ketinggalan)tekan ENTER....
18. Sukses sudah update biosnya.

========== S E M O G A M E M B A N T U ===========

33 komentar:

  1. 16. Kalo dah siap semua, restart deh tuh kompi, jangan lupa bootingnya di pindah dulu ke Flashdisk ya...)

    cara mindahnya gimna bro?

    BalasHapus
  2. masuk ke bios ms brow... pencet tombol del aja, trus ntar disitu cari aja urut-urutan booting, trus yang first booting dipindah ke flashdisk. jangan lupa di save. semoga membantu.

    BalasHapus
  3. komputer saya dell... komputernya ga mau masuk ke bios.. pdhl sebelumnya bisa klo pencet F8, itu gimana ya?? gimana mau upgrade BIOS klo masuk ke BIOsnya ga bisa? Tolong ya dibales. makasih (M.Riyan)

    BalasHapus
  4. ehh manteb masbro...kumplit banget..cm kgk ada gambarnye jd ane yg sontoloyo bego ini rada2 takut salah imajinasi caranye,, hehehe..thx masbro..

    BalasHapus
  5. ha,,,ha,,, maap masbro, pas lagi ngerjain ga kepikiran mo diposting, jadine lupa bwt mengabadikan skrinsutnya... V^_^

    BalasHapus
  6. mas bro maaf mo tnya, klo dah ada perintah restart windows trus tekan apa? tombol ctrl+alt del atau yg laen thnks sblmnya..

    BalasHapus
  7. nee dah nyampe proses yg mn ms bro..??

    BalasHapus
  8. update bios asus p5gc-mx,dah sampai restart tapi bios masih aja yg lama ga berubah,awalnya pake proce dualcore 1,8g ane ganti ama E2210 2,2 gb muncul pesan UNKNOWN CPU DETECTED. BIOS UPDATE IS REQUIRED TO UNLEASH IT'S FULL POWER
    F1 TO RESUME,mohon pencerahan mas bro.thnks

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gan, gue update bios P5GC-MX/1333 0310 lancar, namun setelah restart BIOS tidak ada perubahan.
      Yang jadi pertanyaan versi bios yang dipake buat update itu tetap pake versi 0310 apa ganti dengan versi lebih baru ya?
      saya harap admin blog menanggapi .. Tengs b4

      Hapus
  9. bos MSDOSSYSTEM yg gmn y?qo ga dpt2 ya di google

    BalasHapus
  10. Om .....kalau yg muncul "ERROR: ROM file ROMID is not compatible with existing BIOS ROMID." gimana solusinya......??????

    BalasHapus
  11. mas bro, bisa bantu ane gk?!
    hardisk ane gk kedetect tiba2 :(
    udah gonta-ganti slot tetep aja gk kebaca, reset bios juga masih gk kebaca... padahal harddisk nya muter koq -__-
    giliran ane otak-atik lagi, eh... CD-ROM jg ikut2an gk ke detect >.<
    MOBO nya Asus PSGC-MX 1333
    mohon bantuan nya mas, maklum ane masih DUMMY T__T
    terima kasih sebelum nya ^_^

    BalasHapus
  12. nice post gan btw kalo kompi ga rewel banget mending ga ush update mengingat resikonya fatal kalau gagal

    BalasHapus
  13. punyaku asus p5gc-mx/1333 nya kalau dicolokin listrik langsung nyala mas bro, tidak ada bunyi beep dan power gak mau dimatiin, harus dicabut dulu dari listriknya kalau matiin.mb sudah ku bersihin ram hidup dan procesor juga hidup psu juga normal.udah tak coba clear cmos hasil tetap sama.kira2 apanya ya?apa perlu update bios juga nich.cara updatenya gimana kalau tidak keluar gambarnya.

    BalasHapus
  14. jangan-jangan da masalah di PSU boss..?? dicoba make yang PSU yang laen gimana..??

    BalasHapus
  15. Masbro mohon maaf, mau nanya masalah bios juga. mobo saya asus p5vd2-x tidak bisa msk bios dan tdk bisa diinstal ulang, setelah saya bawa ke tukang service katanya rusak dari biosnya karena hanya muncul black screen dan ada symbol phonic award bios warna biru. Yang saya ingin tanyakan apakah bisa pake cara update bios juga atau ada cara lain? terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  16. udah ku coba ganti psu mas anditheory hasilnya sama.kompi spek yang begini ada 8 karena untuk kantor.udah tak tuker2 komponennya ram,prosesor sampai tak kasih vga eksternal segala,tapi mainboard tetep aja cuma nyala lampu led ma kipas prosesornya tanpa bunyi beep.kira2 kalau kerusakan pada mainboarnya.komponen apa yang harus ku ganti lagi.sebab ic regulator udah kuganti tetap sama,mohon bantuannya.terima kasih.

    punyaku asus p5gc-mx/1333 nya kalau dicolokin listrik langsung nyala mas bro, tidak ada bunyi beep dan power gak mau dimatiin, harus dicabut dulu dari listriknya kalau matiin.mb sudah ku bersihin ram hidup dan procesor juga hidup psu juga normal.udah tak coba clear cmos hasil tetap sama.kira2 apanya ya?apa perlu update bios juga nich.cara updatenya gimana kalau tidak keluar gambarnya.

    BalasHapus
  17. Makasih,mas Bro...

    BalasHapus
  18. Nice info mas bro..
    Nambahin dikit, coba pake tools asus update. Kenapa ? karena lebih mudah pengoprasiannya dan aman. Aman ? so pasti, karena mobonya asus toolsnyapun asus upsate, jadi sudah barang tentu di rancang sedemikian rupa untuk mobo asus. Selalu, tools ini di sertakan di dalam paket penjualan. Saya pake p5kplamse, update bios dari rev.0309 ke rev.0702, saya nyatakan BERHASIL !!!.

    To the point..
    Ingat !!! Dalam proses update bios, pastikan terlebih dahulu baterei CMOS mobo anda masih segar, segar di sini yang saya maksud adalah umur, di sarankan max 3 thn. Kemudian PSU, PSU ibarat "jantung", jadi sangat di wajibkan menggunakan PSU yang minimal pure power atau lebih bagus lagi, yang bersertifikat 80+ bronze. Pastikan juga tidak ada virus, malware maupun kroni - kroninya yang bersarang di system anda. Dan jangan ada program lain yang ikutan runing dalam proses update bios.

    Sekian, semoga bermanfaat dan membantu.

    BalasHapus
  19. thanks gan...ane yakin pasti bakalan membantu ane sendiri n temen2 laen yang pada kesusahan update bios.

    BalasHapus
  20. gmn bs update bios kl mobo ngasi tempo 15 detik langsung mati.
    di clr cemos juga g ngefek.
    gmn tu sob..mobo sama dgn judul atas

    BalasHapus
  21. Lagi oprek pc model mobonya sama yang agan punya, ada masalah di sound depan nih. Kok gak bisa keluar ya soundnya? Padahal sound belakang oke. Jumper kepasang. Apa justru gak perlu dijumper ya?

    BalasHapus
  22. sama nih mobonya selama belom rewel ntar aja deh updet biosnya takuuuuutt kalo modaaar ngk kebeli lagi

    BalasHapus
  23. ad yg ga repot nih gan bwt update bios
    1. dunlud update biosnya..(kunjungi aja ke web mainboardnya)
    2. Rename file updatean nya jd "P5GCMX.rom"
    3. Copy langsung aj ke floppy or CD kemudian kmptr restar
    4. press alt + f2 untuk menjalankan updatenya..di display post bios
    selamat mencoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah coba cara anda tapi kenapa nya yang muncul mesage file "p5gcmx.room" not found,, padhal saya sudah yakin kalo file nya sudah saya rename seperti diatas,, tapi masih tetap terbaca oleh mobo,, mohon pencerahannya gan

      Hapus
  24. thanks sharenya agan rahmawan,
    jadi tambah ilmunya ni d^_^b

    BalasHapus
  25. alhamdulillah mas bro..
    lancar
    p5gc-mx/1333 pros e5800 3.2ghz udah seep

    thx,,

    BalasHapus
  26. sip bos terimaksih ini sangat membantu

    BalasHapus
  27. saya sudah coba cara yang pertama bos anditheory dan yang bos rahmawan , file bios nya di import lewat cd room ,, cuman keluar message
    reading file "p5gcmx.rom" not found,, padahal saya sudah yakin file bios nya sudah saya burning ke cd ,, apa masalah nya ya,, mohon bantuannya

    BalasHapus
  28. saya telah mencoba menggunakan Assus Update Utiliti...
    Hanya Dalam Hitungan Menit langsung siap update biosnya gan...

    BalasHapus
  29. bang mau tanya. ane pake kompi dgn mobo p5gc-mx/gbl os nya xp.
    ane mau update jadi win7 yg 64 bit. tapi pas cari2 drivernya koq ga ada ya ? di support asus nya juga ga ada . ada nya cuman sampe vista 64bit. kira2 abang ada ga link drivernya buat win7 64bit ? trus kalo ane mo upgrade os, kudu update bios juga ga ?

    BalasHapus
  30. thks ya gan,saya udh coba berhasil

    BalasHapus